Selasa, 01 Februari 2011

AYO DAPATKAN KAPSUL VITAMIN A UNTUK BALITA ANDA


Kenapa anak balita harus mendapatkan Vitamin A dosis tinggi ?

Anak yang tidak menerima kapsul Vitamin A  dibandingkan dengan penerima kapsul Vitamin A
- Proporsi gizi kurang, diare, anemia , dan demam lebih tinggi
- Proporsi mendapatkan immunisasi lebih rendah
- Berasal dari keluarga yang memiliki mortalitas bayi dan anak balita yang  lebih tinggi
(Berger et al,2007)


Vitamin A merupakan salah satu zat gizi penting yang larut dalam lemak dan disimpan dalam hati, berfungsi untuk penglihatan, pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Saat ini di Indonesia masih terjadi kecenderungan meningkatnya Kurang Vitamin A (KVA) pada ibu dan balita di daerah miskin perkotaan. Menurut data Departemen Kesehatan tahun 1992 menunjukkan hampir 10 juta balita menderita KVA subklinis (serum retinol < 20 µg/dl), 60 diantaranya disertai dengan gejala bercak bitot yang terancam buta. Selain itu pada beberapa propinsi di Indonesia telah ditemukan kasus-kasus baru KVA yang terjadi pada anak penderita gizi buruk, sehingga KVA merupakan masalah gizi utama di Indonesia hingga saat ini.
Hasil kajian beberapa studi menyatakan bahwa vitamin A merupakan zat gizi yang sangat esensial bagi manusia, karena zat gizi ini sangat penting dan konsumsi makanan kita cenderung belum mencukupi dan masih rendah sehingga harus dipenuhi dari luar. Pada anak balita KVA akan meningkatkan kesakitan dan kematian, mudah terkena penyakit infeksi seperti diare, radang paru-paru, pneumonia dan akhirnya kematian. Akibat lain yang berdampak sangat serius dari KVA adalah buta senja dan manifestasi lain dari xeropthalmia termasuk kerusakan kornea (keratomalasia) dan kebutaan.
Vitamin A bermanfaat untuk menurunkan angka kematian dan angka kesakitan, karena vitamin A dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit infeksi seperti, campak, diare, dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Vitamin A juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan membantu proses pertumbuhan. Oleh karena itu vitamin A sangat penting untuk kesehatan dan kelangsungan hidup.

Nach...Ayo beritahukan keluarga, kerabat, tetangga, orang terdekat anda yang punyai Anak Balita untuk mendapatkan Vit.A GRATIS di Posyandu, Puskesmas dan jaringannya.

By : M. Hayat, SKM

Tidak ada komentar: