Sabtu, 28 Mei 2011

ANAK SEKOLAH JANGAN JAJAN SEMBARANGAN YA..

Bertempat di SD Khatolik Kuala Kapuas pada 24 Mei 2011, DPC Persagi Kabupaten Kapuas melakukan penyuluhan terakhir ke SD/MI dalam rangka menyambut HUT DPC Persagi Kab.Kapuas ke-4, pada kesempatan ini Ketua DPC Persagi Kab.Kapuas (Ibu Wiwik Suharti, S.Si.T., M. Kes) menyampaikan bahwa anak-anak sekolah harus bisa memilih jenis makanan yang bermanfaat bagi kesehatan dan mampu menunjang prestasi belajar hingga mencapai kecerdasan yang optimal. dijelaskan juga bahwa peran gizi sangat menentukan dalam menciptakan generasi yang sehat dan cerdas.

Pemateri (M.Hayat, SKM) juga menyampaikan agar anak-anak sekolah jangan suka jajan sembarangan, karena bayak hal yang merugikan apabila kita jajan di sembarangan tempat, disampaikan secara ringkas bahwa ada beberapa bahan terlarang yang sering digunakan pedagang makanan keliling (jajanan) seperti :
- Zat pewarna antara lain auramine, metanil yellow, chrysoidine, rhodamin, burn umber, zat pewarna itu sebenarnya untuk pewarna industri tekstil dll.
- Zat pengawet seperti nitrofuran, asam benzoate dan kloroform, formalin dan boraks juga pengawet yang dilarang karena bukan untuk digunakan pada makanan.
- Zat pemanis seperti sakharin dan siklamat
zat-zat di atas apabila dikonsumsi dapat mengkibatkan penyakit seperti pusing, mual, muntah-muntah, sakit kepala, diare, gangguan pencernaan dan bila berlebihan dapat mengakibatkan kanker hati.

Cara Menghindari Jajanan :
1. Biasakan makan pagi. Ini efektif untuk mengurangi nafsu jajan pada anak-anak.
2. Membawa bekal, dengan membawa bekal selain kebersihan terjaga, nutrisi juga dijamin seimbang.
3. Sediakan kudapat/camilan sehat di rumah, bisa berupa buah, kue rendah kalori.
4. Variasi makanan di rumah.
Para dewan guru juga berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan kepada anak-anak didik mereka sehingga mereka bisa berprilaku yang benar dalam memilih makakan. mereka ingin kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin karena kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi anak-anak.

 Foto bersama sehabis penyuluhan sambil mengangkat Susu Zee

Tidak ada komentar: