Selasa, 25 November 2008

MUSIK MENCERDASKAN JANIN

“Bhuana Ilmu Populer”

Ibu hamil yang rajin mendengarkan musik, terutama musik klasik karya mozart, ternyata dapat meningkatkan kecerdasan janin. Musik klasik yang memiliki rentang frekuensi nada sangat lebar dapat merangsang perkembangan otak janin. Ini merupakan bagian dari stimulasi yang diberikan oleh ibu hamil kepada janin di dalam kandungan.
  • Stimulasi tersebut meliputi stimulasi fisik-motorik dengan “menyentuh” janin melalui elusan kulit perut sang ibu, stimulasi kognitif dengan berbicara dan bercerita kepada janin, dan stimulasi efektif dengan menyentuh perasaan bayi. Makin sering dan teratur perangsangan diberikan, makin efektif pengaruhnya.
  • Pada janin, musik akan merangsang perkembangan sel-sel otak. Perangsangan ini sangat penting karena masa tumbuh kembang otak yang paling pesat terjadi sejak awal kehamilan hingga bayi berusia 3 tahun.
  • Sementara itu bagi ibu hamil, musik klasik bisa membebaskannya dari stres akibat kehamilan. Jika ibu tenang, janinpun ikut tenang.
  • Durasi atau lamanya mendengarkan musik yang dianjurkan untuk ibu hamil yakni sekitar 30 menit setiap hari. Sebaiknya ibu hamil mendengarkan dengan penuh perhatian dan kesadaran agar mendapat manfaat. Sebab, suara, harmoni dan irama musik dapat mendorong seseorang untuk bergairah, kreatif dan menyenangkan.
(disalin ulang : M.Hayat).
Dari penyalin: musik = lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an misalnya yang dibacakan H.Muamar, Ali Abdurrahman Al-Hudzaifi, Muhammad Ayub... Insya Allah menjadi anak yang Sholeh/Sholehah.

Tidak ada komentar: